Menggapai Langit Mencengkeram Matahari

Senin, 02 Februari 2015

TENTANG ALAM

Alam itu netral.. Alam adalah reflektor pasif yang menunjukan bagaimana prilaku kita terhadapnya. Alam tidak hanya untuk dinikmati dan ingat alam juga bukan untuk ditaklukan. Alam bukanlah musuh, alam itu seperti Garbha Ghra di sebuah candi yaitu ibarat rahim ibu tempat kita lahir. Di dalamnya termakhtub rahasia kehidupan sejak awal mula sampai kepada kematian. Bagaimana kita mengetahui rahasianya selain menceburkan diri dan mencintainya. Inilah hakekat pecinta alam sejati.

Alam itu tak pernah bohong, justru manusialah yang sering mengingkari ikrar kehidupan yang dibuat bersama semesta. Alam yang indah dan tenang mengajarkan manusia pribadi yang mulia. Tegar seperti gunung, ramah seperti kicau burung, gelora seperti ombak dan badai, sabar seperti tanah bumi, istiqomah seperti matahari, lembut seperti bulan dan dermawan seperti udara.


Secara filosofis bahwa seseorang yang berdialog dengan alam, dengan bintang - bintang dilangit, dengan lembah - lembah dan pegunungan, dengan aliran sungai dan deburan ombak dipantai akan mendapat kesucian jiwa. Jika engkau menjadi orang yang demikian, engkau akan menghadapi hidup ini dengan tiada gentar dan engkau tidak akan mengucurkan air mata setetespun apabila engkau nanti terpaksa berpisah dari segala yang ada di dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar