Menggapai Langit Mencengkeram Matahari

Senin, 22 Juli 2013

OUTDOOR EDUCATION

PEMBELAJARAN OUTDOOR

Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan. Namun, pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman, sikap, dan ketrampilan serta perkembangan diri anak. Kemampuan atau kompetensi ini diharapkan dapat dicapai melalui berbagai proses pembelajaran di sekolah. Salah satu proses pembelajaran yang digunakan untuk mencapai kompetensi diatas adalah melalui pembelajaran diluar kelas (outdoor).  Pembelajaran outdoor  merupakan satu jalan bagaimana kita meningkatkan kapasitas belajar anak. Anak dapat belajar secara lebih mendalam melalui objek-objek yang dihadapi dari pada jika belajar di dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan. Lebih lanjut, belajar di luar kelas dapat menolong anak untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki.

Selain itu, pembelajaran di luar kelas lebih menantang bagi siswa  dan menjembatani antara teori di dalam buku dan kenyataan yang ada di lapangan. Kualitas pembelajaran dalam situasi yang nyata akan memberikan peningkatan kapasitas pencapaian belajar melalui objek yang dipelajari serta dapat membangun ketrampilan sosial dan personal yang lebih baik. Pembelajaran outdoor  dapat dilakukan kapanpun sesuai dengan rancangan program yanhg dibuat oleh guru. Pembelajaran outdoor dapat dilakukan sebelum kegiatan pembelajaran  disekolah atau sesudahnya, dan saat-saat liburan sekolah.


Berbagai lokasi dapat digunakan untuk pembelajaran outdoor antara lain:

1. Lingkungan di dalam sekolah
Lingkungan didalam sekolah merupakan tempat yang kaya akan sumber belajar, menawarkan peluang belajar secara formal dan informal. selain itu, berbagai aktivitas sehari-hari di sekolah merupakan sumber belajar yang baik.

2. Lingkungan di luar sekolah
Lingkungan di sekitar sekolah menawarkan peluang untuk dijadikan sumber belajar. Lingkungan sekitar memperkaya kurikulum. Berbagai  lingkungan  yang dapat digunakan untuk sumber belajar antara lain persawahan, taman, kebun binatang, museum, kerja proyek, dsb.

PENDIDIKAN OUTDOOR PETUALANGAN

Adalah kegiatan luar sekolah yang dilakukan di luar kelas yang berisi tentang kegiatan di alam bebas seperti bermain di taman, perkampungan, pertanian, berkemah dan kegiatan yang bersifat petualangan (mencari jejak, mendaki gunung, panjat tebing, menelusuri gua dll, serta pengembangan aspek pengetahuan konsep yang relevan serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya .
Sesuai dengan prinsip dasar pendidikan Melalui metode Experiential Education ini  siswa akan  terlibat langsung secara kognitif (pikiran), afektif (emosi) dan psikomotorik (gerak motorik. Sikap profesional yang ditunjang cara berfikir proaktif dan dinamis serta siap menghadapi berbagai tantangan dan persoalan mutlak harus dimiliki oleh masing-masing individu sebagai persiapan menghadapi tantangan hidup sebenarnya. Disamping perlunya membangun jiwa Kepemimpinan di tingkat pelajar.

Tujuan Program ini adalah:
  1. Meletakkan landasan karakter yang kuat
  2. Mengembangkan sikap positif, sportif, jujur, tanggung jawab, disiplin, kerjasama tim
  3. Menumbuhkan kemampuan berfikir kritis, kreatif, keberanian, jiwa kepemimpinan,
  4. Melatih  berkomuniksai secara efektif
  5. Melatih berpikir kreatif dengan paradigma baru dalam pemecahan masalah
  6. Mengembangkan pengelolaan diri, dalam upaya meciptakan kemandirian individu
  7. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain
  8. Mengenali potensi lain dan aspek positif dalam diri dan orang lain
  9. Meningkatkan rasa percara diri dan melatih keberanian
  10. Mampu menstimulasikan kemampuan gerak dasar lokomotor (berjalan, berlari, melompat), non lokomotor (memutar, meliuk, membungkuk, menengadah), manipulatif (melempar, menangkap, menggulirkan)















Tidak ada komentar:

Posting Komentar