Menggapai Langit Mencengkeram Matahari

Minggu, 29 November 2015

MENJELAJAHI SURGA BAWAH LAUT KARANG SEDULANG DI KARAWANG

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia sudah terkenal sebagai negara yang memiliki kecantikan bawah laut bahkan disebut-sebut bagaikan surga. Pesona bawah laut Indonesia bisa kita saksikan sendiri mulai dari Sabang sampai Merauke.

Kamis, 26 November 2015


Banyak asumsi masyarakat memandang bahwa laut karawang keruh dan kotor. Mungkin betul yang mereka lihat di pinggir pantainya. Coba Anda kunjungi sekitar setengah jam ke seberangnya, maka akan terlihat jelas garis batas yang memanjang antara air keruh (payau) dan air jernih (asin). 


Berawal ajakan Kang Aden untuk menemaninya menyelam di Karang Sedulang laut Karawang. Sekitar jam 07.00 pagi di Kantor Dinas Perikanan & Kelautan kami mempersiapkan semuanya untuk kebutuhan menyelam, mulai dari pengisian tabung serta pengecekan peralatan selam yang akan dibawa.

Perjalanan dari Kota Karawang menuju lokasi dapat ditempuh sekitar satu jam. Infrasruktur jalan yang dilalui sudah cukup bagus dan lancar, dan akses menuju lokasi tidaklah sulit karena sudah terdapat rambu dan penunjuk arah yang jelas terlihat..

Kampung Tangkolak terletak di pesisir laut Utara Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang. 

Perjalanan dari Pesisir Kampung Tangkolak menuju Karang Sedulang sekitar 45 menit dengan menggunakan perahu tradisional nelayan. Kondisi cuaca yang baik untuk menyeberang ke Karang Sedulang sebaiknya pada bulan April sampai September karena arus gelombang saat itu tenang, dan bahkan pada bulan Mei sampai Juli tingkat kejernihan air bisa 6 meter dengan ombak yang datar tanpa adanya arus, "ujar Pak Yanto sebagai kapten kapal.

Penyelaman dilakukan sekitar jam 11.00 siang dengan cuaca yang bagus ditemani guide lokal, kapten kapal beserta anak buahnya. Dengan tingkat kejernihan air & jarak pandang 4-5 meter dan kedalaman 8-10 meter, kami temukan beberapa jenis hard coral & soft coral, serta amonemon yang mendominasi karang tersebut. Kami temukan juga beberapa biota laut diantaranya damselfish, jelyfish, moray, nemo dan snakefish.

Sisa udara menunjukan 50 bar, dan kamipun segera bergegas naik ke permukaan.. Tidak terasa hampir satu jam menyelam di Karang Sedulang Karawang, dan sepertinya tak puas rasanya sebelum menjelajahi semuanya. To be continue dive...

Ini adalah asset wisata laut Karawang lho.. Daerah lain akan iri karena tidak memiliki pemandangan bawah laut yang seperti ini. Dan saya pribadi sangat yakin bahwa surga bawah laut yang berada di Karang Sedulang ini akan memberi manfaat lebih dari segi ekonomi maupun lingkungan sekitar jika keberadaannya bisa di fungsionalkan menjadi destinasi wisata bahari Karawang.

Masyarakat setempat sudah siap menerima wisatawan lokal maupun asing untuk mengantarnya ke Karang Sedulang. Fasilitas yang telah tersedia sementara ini adalah perahu, makan seafood & waterfresh dan guide lokal. 

Semoga terealisasi… Save the Sea. 

Contact Person : +6285863277501 (Pak Yanto)
Come on visit me... Salam Selam.















8 komentar:

  1. Punten kang, kami dari outbound F, akan mengadakan event "learn to dive: introducing diving FUNdamentals", sehubung dengan postingan akang, sy mau menanyakan tentang kepengurusan POSSI pengcab Karawang, klo boleh, bisa tak kami meminta nomor kontak akang, untuk kami hubungi selanjutnya. Haturnuhun

    BalasHapus
  2. Maaf baru balas... Hubungi instructur saya aja kang Hadid cp 08567907255. Terimakasih

    BalasHapus
  3. instructur selam (B2) saya kang Hadid Suherman

    BalasHapus
  4. Itu kedlaman brapa ya? Ada spot snorling kah?

    BalasHapus
  5. Itu kedlaman brapa ya? Ada spot snorling kah?

    BalasHapus
  6. Banyak spot snorkling yg bagus n syantik om.. Kedalaman variatif 3-5 meter. Sori baru bls, lg sibuk guide ke pulau seribu. Hi.. Hi.. Thank u udah mampir di blog sy om.

    BalasHapus
  7. Banyak spot snorkling yg bagus n syantik om.. Kedalaman variatif 3-5 meter. Sori baru bls, lg sibuk guide ke pulau seribu. Hi.. Hi.. Thank u udah mampir di blog sy om.

    BalasHapus