Menggapai Langit Mencengkeram Matahari

Senin, 27 Mei 2013

MASIH TERSELIP KEINDAHAN DIBALIK HANCURNYA TERUMBU KARANG DI LAUT KARAWANG

Sabtu, 25 Mei 2013


Pukul 09.00 wib, Komandan Hadid mengajak survey lokasi untuk mencari tahu keberadaan Pulau Karang yang berlokasi di Desa CiparageJaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang. Survey ini dilakukan untuk mencari kebenaran tentang adanya laut yang jernih, dimana pastinya ada kehidupan panorama bawah laut di daerah tersebut.

Perjalanan  dilakukan pada pukul 15.00 wib dari Kota Karawang ke Pantai Ciparage. Hanya membutuhkan waktu 1 jam. Disana kami memarkirkan mobil di depan pantai sebuah warung dekat kantor Desa CiparageJaya. Kebetulan sekali kami berjumpa dengan ketua Karang Taruna Desa Ciparage, yaitu Kang Uus. Setelah Menceritakan tentang maksud dan tujuan kami, mereka bersedia membantu segala keperluan yang kami butuhkan, mulai tempat tidur untuk menginap dan juga penyewaan kapal kecil untuk mencapai Pulau Karang. Senja mulai hilang ditelan malam. Rasa kantuk mulai mendera, dan pada akhirnya kami terlelap dalam dinginnya angin laut.

Minggu, 26 Mei 2013

Pukul 05.00 wib kami terjaga oleh Subuh. Setengah jam kemudian sunrise muncul di ufuk laut timur. Sinarnya kuning kemerahan bersinar menghiasi permukaan laut menuju Pantai Ciparage. Setelah sarapan dan menyiapkan perlengkapan untuk selam, Pukul 07.00 wib kami siap berangkat dengan sebuah kapal nelayan kecil yang sudah standby di dermaga depan pelelangan ikan. Perjalanan dari Dermaga Ciparage ke Pulau Karang hanya 1 jam. Kapal tidak bisa merapat terlalu dekat dengan Pulau Karang yang dangkal, nahkoda memutuskan segera melempar jangkarnya di tempat yang spotnya bagus. Air yang jernih membuat karang di bawah laut terlihat dari atas kapal.

Segera Komandan Hadid dan Kang Uus melakukan penyelaman, sedangkan Gw melakukan observasi ke tonjolan Karang yang muncul dari permukaan dengan berenang, tentunya dengan alat apung yang ada saat itu yaitu polifoam yang diikat oleh tambang pada tubuh. Lumayan berenang sekitar 300 meter dari kapal, cukup melelahkan dengan arus laut yang berlawanan.


Gw dapat berdiri di atas permukaan Pulau Karang yang kebetulan saat itu terlihat karena air laut sedang surut. Keadaan Karang di sekitar sudah rusak dan hancur. Menurut cerita masyarakat asli setempat, Pulau Karang dahulu adalah hamparan daratan luas berpasir yang ditumbuhi hutan bakau. Exploitasi besar-besaran Bakau, Karang dan Pasir membuat Pulau Karang terkikis hampir hilang. "Bukan dari penduduk dan nelayan sini yang mengambil semua itu, kami hanya nelayan mencari ikan saja,ujar Kang Uus waktu itu.

Setelah hampir satu jam setengah menlakukan penyelaman (Diving), akhirnya Komandan Hadid muncul dari permukaan. Dia berkata “Masih bisa terselamatkan”. Sambil memperlihatkan gambar-gambar dan rekaman video yang didapatnya di bawah laut kepada kami. Alhamdulillah, survey berhasil sesuai harapan. Terumbu karang beserta biota laut yang ada di Pulau Karang adalah aset wisata bahari yang perlu dijaga dan dilestarikan. Ternyata daerah kami memiliki aset wisata bawah laut yang sangat bagus, itu karena ketidaktahuan kami selama ini. Kami akan sampaikan bukti-bukti ini kepada semua. Ini perlu dilestarikan“ Ujar Kang Uus dan Mawardi (Anggota Pecinta Alam dari MAPALSKA) yang juga ikut dalam survey kami.

Ekosistem terumbu karang merupakan bagian dari ekosistem laut yang penting karena menjadi sumber kehidupan bagi beraneka ragam biota laut. Terumbu karang mempunyai fungsi yang sangat baik bagi kehidupan ini, baik dilihat dari aspek fisik ataupun dari aspek ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Saat ini kami butuh dukungan dari semua pihak, baik dari masyarakat dan juga pemerintah daerah setempat.

SEMOGA TERSELAMATKAN...
SALAM BAHARI !!!


Foto-foto Oleh : Hadid Suherman






























3 komentar:

  1. kalau bisa tolong adakan penanaman pohon bakau untuk pencegahan abrasi...dan jangan merusak wilayah lokasi wisata yg menjadi harta para warga ciparagejaya..kampung kita kalau di tata rapi dan di management dengan baik pasti akan menjadi tempat wisata yang tersohor..dan itu bisa membantu perekonomian warga setempat dan desa ciparagejaya itu sendiri....BY MASNAH

    BalasHapus
  2. Ini adalah niat dan langkah awal kami untuk menyampaikan kebenaran bahwa Kabupaten Karawang memiliki aset wisata bawahlaut yang bagus yg terletak di Pulau Karang-Ciparage. Kamipun tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan masyarakat dan juga pemerintah daerah setempat. Semoga informasi ini dilihat dan ditindaklanjuti oleh mereka, SEMOGA TERSELAMATKAN...

    BalasHapus
  3. setelah mencari-cari pulau terluar disekitar garis pantai karawang melalui google earth ternyata saya menemukan pulau karang di utara pantai cibendo ciparage jaya. mohon informasi biaya untuk menyebrang ke pulau tersebut.
    lanjutkan perjuangannya kang!!!

    BalasHapus