Menggapai Langit Mencengkeram Matahari

Minggu, 28 April 2013

Sampah di Pinggir Jalan Raya


Selain di bantaran sungai, ternyata di pinggir jalan raya pun sering menjadi tempat pembuangan sampah. Apapun alasannya, membuang sampah di pinggir jalan tidak dibenarkan, apalagi itu jalan raya utama yang banyak dilewati masyarakat. Selain kotor dan bau tak sedap, tumpukan sampah bisa menjadi sumber penyakit. Hal ini menunjukan bahwa betapa rendahnya kedisiplinan masyarakat dalam membuang sampah. Dimana ada tempat yg kosong di pinggir jalan, dimanfaatkan untuk membuang sampah.

Seperti yang terlihat di pinggir jalan raya Kalendrowak, Desa Karangsari, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Tumpukan sampah yang berceceran jelas terlihat disisi jalan. Dimana jalan raya ini merupakan satu-satunya akses jalan utama yang menghubungkan jalan Cikarang menuju Karawang. Tiap hari jalan ini cukup padat dilewati kendaraan pribadi dan angkutan umum, Pemandangan dan bau tidak sedap terasa menyengat ketika melewati tumpukan sampah yang mulai melimpah ke badan jalan.


Menurut analisa saya, awalnya kemungkinan besar sampah tersebut dibuang sengaja oleh pihak swasta yang hanya mengambil keuntungan semata dari mengkolektif sampah-sampah warga di sebuah perumahan terdekat. Hal ini diperkuat oleh perkataan seorang warga sekitar bahwa setiap malam selalu ada mobil kolt yang parkir dan membuang sampah di pinggir jalan tersebut. Selain itu, ditambah lagi warga sekitar dan juga pengendara motor membuang sampahnya di tempat tersebut dengan membawa kantong kresek. Akhirnya, tumpukan sampah semakin hari kian menumpuk, bahkan ketika musim hujan seperti saat ini menambah busuk yang menyengat.

Dengan kondisi seperti ini, rasanya  RT dan RW bahkan Kelurahan setempat harusnya lebih peduli dan mengatur dengan benar tentang pembuangan sampah. Tak ada salahnya berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan agar truk pengangkut sampah secara continue mendatangi rumah ke rumah dan mengangkut sampah dari bak sampah masing-masing rumah,      dan kemudian membuangnya ke tempat pembuangan akhir yang dikelola Pemerintah Daerah setempat. Kalaupun pembuangan sampah dikelola oleh pihak swasta, tanya dan selidik dengan benar kemana pembuangan sampah akhir mereka.

Permasalahan sampah ini memang tak ada habisnya, semakin banyak keramaian makin banyak pula sampah yang dihasilkan. Dan ini seharusnya menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah setempat meminta instansi terkait yaitu Dinas Kebersihan bersinergi dengan Dinas Kesehatan agar tak berhenti untuk terus menanamkan pemahaman dan kesadaran akan arti penting membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan menjadi sehat. Seharusnya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar